Enter your keyword

post

Mensyukuri Kemerdekaan RI, Santri Ponpes Al Fath Kota Sukabumi Khatam Alquran 75 Kali dalam Sehari

Mensyukuri Kemerdekaan RI, Santri Ponpes Al Fath Kota Sukabumi Khatam Alquran 75 Kali dalam Sehari

Pondok Pesantren Al Fath Kota Sukabumi mengungkapkan rasa syukur dalam memperingati HUT ke 75 RI dengan mengkhatamkan Alquran sebanyak 75 kali. Kegiatan tasyakkuran tersebut diikuti semua santri dan santriwati, Minggu 16 Agustus 2020. Khatam Alquran sebanyak 75 kali juga sebagai doa kepala Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir. “Kami melaksanakan khatam 75 kali membaca Alquran ini sesuai dengan HUT ke-75 RI. Juga sebagai doa, karena apabila Alquran dibacakan bisa jadi obat. Maka rasa syukur kami agar ditambah nikmat di tengah pandemi ini. Slogan kami, santri mengaji, korona mati, Indonesia maju,” kata Pimpinan Ponpes Al Fath Kota Sukabumi, KH Fajar Laksana.

Khataman Alquran melibatkan 225 santri dan santriwati tingkat SMP sampai MAhasiswa yang terbagi dalam 75 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang dan mengkhatamkan Alquran satu kali. “Jadi, satu santri membaca 10 juz. Khataman dimulai pukul 09.00 WIB diperkirakan selesai sampai pukul 24.00 WIB malam ini,” jelas Fajar.

Selain khataman Alquran, kata Fajar, juga akan dilaksanakan pameran meninggalan tiga pejuang kemerdekaan di Sukabumi. KH Ahmad Sanusi (anggota BPUPKI), Alm Djoyohadikusumo perjuang 10 November yang pernah di Sukabumi dan pernah menjabat Direktur Provos AKABRI ketika di Kota Sukabumi. Juga peninggalan benda bersejarah milik Rd. Sumawinata yang juga kakek KH Fajar Laksana.

 Kegiatan yang bekerjasama dengan PUI Kota Sukabumi itu dilaksanakan mulai Selasa 18 Agustus 2020. “Pameran benda-benda peninggalan para pahlawan, termasuk bambu runcing dan bendera peninggalan pejuang kemerdekaan, buku sejarah dan benda pusaka,” kata Fajar.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi yang menyempatkan hadir dalam khataman Alquran mengatakan, tasyakkuran yang digelar di Ponpes Al Fath merupakan satu-satunya kegiatan HUT RI yang diisi dengan kegiatan keagamaan dengan 75 kali khatam Alquran. “Ini menunjukkan bagaimana santri Ponpes Al Fath berkomitmen kuat memperingati HUT RI dengan peningkatan kualitas keagamaan dengan masyarakat, sekaigus mendoakan agar pandemi di Kota Sukabumi cepat berakhir,” kata Fahmi.

Kegiatan tersebut juga jadi inspirasi bagi Pemkot Sukabumi agar memperingati HUT RI diarahkan dengan kegiatan keagamaan, seperti pengajian. “Ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah pusat yang menyarankan kegiatan HUT RI diperingati dengan kegiatan keagamaan, dan bersih lingkungan,” jelasnya.

Fahmi menyarankan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengundang keramaian dalam memperingati HUT ke-75  RI. “Pemkot juga mengeluarkan surat imbauan, agar setiap Jumat bersedakh dan meluangkan waktu paling tidak 10 menit mendoakan agar virus Korona cepat hilang,” pungkasnya.(***)

https://mediapakuan.pikiran-rakyat.com/sukabumi-raya/pr-63671808/mensyukuri-kemerdekaan-ri-santri-ponpes-al-fath-kota-sukabumi-khatam-alquran-75-kali-dalam-sehariSumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Live Chat