Enter your keyword

PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH

PROGRAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DENGAN metode life with allah, life with quran & 7hficb

Program pembinaan akhlakul karimah, metode 7 Pembiasaan Amaliyah ibadah Formula 4S2T1D yaitu :

SHALAT

Shalat Wajib Berjamaah dan Shalat-Shalat Sunnah dapat mencetak siswa memiliki karakter dan kepribadian suka berdzikir sehingga akan mendapatkan pertolongan dari Allah dan selalu dijaga oleh Malaikat, tidak akan melakukan perbuatan keji dan munkar, mau bekerja keras, tidak berkeluh kesah, pandai bersyukur, dermawan dan suka mengeluarkan Zakat Infaq Sodaqoh.

SHAUM

Shaum Wajib dan Shaum Sunnah akan mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian menjadi orang yang bertaqwa yang akan dimasukan kedalam Surga Al Rayyan, Selalu Mencontoh Nabi Muhammad.SAW dan ndihadapkan langsung amalany puasanya kepada Allah SWT.

SHALAWAT

Mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian yang akan mendapatkan Rahmat dan Berkah dari Allah SWT, membersihkan dosa, berpahala 10 rahmat menghapus 10 kesalahan, dikabulkan hajatnya, diangkat derajat manusia dan doanya akan cepat terkabul.

SODAQOH

Mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian yang akan menjadi suci harta dan suci hati, mendapatkan Rahmat Allah, harta akan dilipat gandakan, diselamatkan dari azab kubur, diselamatkan dari siksa neraka, memadamkan murka Allah, meninggal Khusnul Khotimah, mengobati penyakit serta melindungi harta dan Jiwa.

TADDARUS AL QUR’AN

Mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian yang mendapatkan pedoman atau petunjuk dari Allah SWT, meengeluarkan dari gelap gulita ke cahaya terang menderang, memberi kabar gembira Surga dan peringatan azab Neraka, mendapatkan kebarokahan, mendapatkan Obat dan Rahmat, mendapatkan hikmah dan menjadikan Al Quran sebagai pelajaran.

TAFAKUR

Mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian yang suka meneliti alam semesta ciptaan Allah SWT, mengamalkan Al Quran, meneliti kehodupan manusia untuk kedamaian dan kesejahteraan, meneliti dan menganalisa yang bermanfaat dan yang mudharat, lebih banyak berbuat daripada berbicara apalagi mengkoreksi orang lain, mengutamakan kehidupan akhirat dengan berjuang di dunia, meneliti sejarah dan mencontoh yang diberi nikmat serta takut kepada Allah akan siksa dan Azab.

DZIKIR

Mencetak Siswa memiliki karakter dan kepribadian agar hidup selalu bersama Allah, akan dijaga oleh malaikat Allah, akan mendapat ampunan dari Allah, selalu beruntung, akan mendapatkan kemenangan dari Allah dan hatinya menjadi tenang.

LIFE WITH ALLAH

Life with allah adalah suatu program yang dibuat oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dikir Al Fath Prof.DR.KH.M.Fajar Laksana,SE,CQM,MM,Ph.D untuk membentuk akhlakul karimah siswa dan siswi SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH BOARDING SCHOOL agar senantiasa selalu mengingat, dan slalu dekat dengan Allah swt.

Program ini dibuat untuk Menekankan kepada seluruh siswa dan siswi agar selalu ingat kepada allah dimanapun dan kapanpun berada, apabila selalu dekat dengan Allah insyaallah akhlaqnya akan terbentuk sehingga al quran bukan hanya di baca dan di hafalkan saja melainkan untuk di amalkan.

Adapun Programnya adalah sebagai berikut :

A. Every Time Dzikrullah

Everytime dzikrullah adalah program dimana seluruh siswa dan siswi SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH di biasakan harus berdzikir setiap saat kepada Allah SWT. Dan Berdzikir itu di wajibkan seperti yang dijelaskan oleh allah swt dalam firmannya Al Qur’an :

QS : Al Ahzab : 41

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah swt , dzikir yang sebanyak-banyaknya.”

Sehingga semua siswa ataupun santri SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH di wajibkan slalu berdzikir (mengingat allah) setiap waktu.

B. Every Day After Shalat Dzikrullah 165x

Nah di point yang kedua ini setiap siswa dan siswi SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH apabila telah selesai shalat maka diharuskan berdzikir lailahailallah sebanyak 165 kali. sesuai perintah allah berikut ini :

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah kepada Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (QS. An Nisa: 103).

C. Every Night Tawasul Aurod and Dzikrullah

Sesuai perintah allah dalam ayat berikut :

يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْا إِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah carilah perantara mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kalian bahagia.” (QS. Al-maidah: 35)

Nah, Tawasul ini adalah salah satu metode yang sudah dilaksanakan bertahun tahun di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath | selain mendoakan semua keluarga yang masih ada dan juga yang telah tiada, disitu juga untuk mendekatkan diri kepada ALLAH SWT

Adapun Amaliah – Amaliah yang di laksanakan di SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH di waktu malam hari dari mulai pukul 19,30 Wib

Amaliah pada malam Senin yaitu Tawasulan, Dzikir dan Ceramah kajian fiqih

Amaliah pada malam selasa yaitu Tawasulan Dzikir Aurod Ayat Kursi dan Ceramah pengajian

Amaliah pada malam rabu yaitu Tawasulan Dzikir Aurod Doa Mahesa dan Ceramah pengajian

Amaliah pada malam kamis yaitu Tawasulan Dzikir dan Ceramah kajian fiqih

Amaliah pada malam Jum’at yaitu Tawasulan Dzikir, Yasinan dan Ceramah pengajian

Amaliah pada malam sabtu yaitu Tawasulan Dzikir aurod Asmaul Husna dan Ceramah pengajian

Amaliah pada malam minggu yaitu Tawasulan Dzikir aurod Sholawat Nariyah dan Ceramah pengajian

D. Every Week On Ahad Tawasul Aurod Dzikrullah

Tawasulan rutin yang akan dilaksanakan setiap hari minggu sebagai bentuk ke istiqomahan membina Siswa dan Siswi SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL-FATH sehingga mengisi di hari liburnya dengan beribadah kepada Allah SWT.

Setiap Jam 10:00 Wib Seluruh santri melaksanakan kegiatan Tawasulan, Dzikir dan Ceramah pengajian .

E. Every Month Khotaman and Manakiban

Kata manakiban berasal dari kata ‘manaqib’(bahasa arab), yang berarti biografi, kemudian ditambah dengan akhiran ‘an’ (bahasa indonesia) menjadi manaqiban yang berarti kegiatan pembacaan manaqib biografi Tuanku Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailalani, seorang wali yang legendaris di indonesia. dan Manakiban ini dilaksanakan setiap bulan hari sabtu terakhir di SMP ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AL FATH

LIFE WITH QUR’AN

One Month One Day I’tikaf Khotmil Qur’an (Satu bulan satu hari itikaf khotmil qur’an)

One Week One Day on Friday Khotmil Qur’an Together (Satu minggu di hari jum’at khotmil qur’an bersama-sama)

One Day One Juz Read Qur’an (Satu hari satu juz membaca al-qur’an)

One Day One Page Memories Qur’an (Satu hari satu ayat menghafal quran)

One Day One Ayat ONE HADITS (TADABBUR 1 HARI 1 AYAT 1 HADITS)

WISUDA MUKHOYAM AL QURAN
Live Chat