Enter your keyword

post

Demi Muliakan Hari Asyuro, Ponpes Dzikir Al Fath Galakkan Infaq Berjamaah

Demi Muliakan Hari Asyuro, Ponpes Dzikir Al Fath Galakkan Infaq Berjamaah

Memasuki bulan Muharram Ponpes Dzikir Al Fath melakukan kegiatan infaq berjamaah yang dilakukan oleh seluruh warga Ponpes Dzikir Al Fath. Menurut pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath KH Muhammad Fajar Laksana ada beberapa amaliah yang dilaksanakan pada bulan Muharram di Ponpes Dzikir Al Fath salah satunya infaq di tanggal 10 Muharram atau hari Asyuro. 

Berdasarkan QS Al Baqarah : 261 yang artinya “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” Maka jika kita berinfaq akan dilipatgandakan seperti pohon yang berbuah. Lebih jauh lagi KH Muhammad Fajar Laksana menjelaskan berdasarkan Hadits Nabi Muhammad SAW bahwa jika berinfaq di Hari Asyuro akan terpenuhi rezekinya 1 tahun ke depan. 

Selain itu berinfaq di hari Asyuro juga demi memuliakan hari tersebut karena 10 Muharram menjadi saksi perjuangan para Rasul Allah di muka bumi. Infaq yang dilakukan para santri dimulai sedari ba’da sholat dan tausiah subuh. 

Kemudian hasil infaq tersebut digunakan untuk buka puasa bersama setelah melaksanakan puasa Asyuro di Ponpes Dzikir Al Fath. “Santri itu termasuk fii sabilillah yang masuk dalam golongan 8 asnaf seperti dijelaskan di QS At Taubah ayat 60 “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”, jadi mereka berinfaq untuk teman santrinya sendiri begitu juga sebaliknya” jelas KH Muhammad Fajar Laksana. 

Selain dari santri dan warga Ponpes Dzikir Al Fath, masyarakat luar juga banyak yang menginfakkan hartanya di Ponpes Dzikir Al Fath. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Live Chat