fbpx

Enter your keyword

post

TADABBUR ALQURAN ( MATERI I )

TADABBUR ALQURAN ( MATERI I )

PROGRAM SANDARAN

(SANLAT DARING RAMADHAN).

Oleh : Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Alfath KH. M. Fajar Laksana

BULAN RAMADHAN BULAN QURAN.

TADABBUR QS

1).Qs.Albaqarah 183

2).Qs.Albaqarah 185

3).Qs.Sad 29

4).Qs Al Isra 82

5).Qs Al Isra 45-46

6).Qs Alaq 1

7).Qs. Al Araf 204-205

8).Qs Al Anfal 2

9).Qs.Al qadar 1 sd 5

10).Qs Adukhan 1 sd 4

11).Qs Al Qiyamah 16 sd 19

12).Qs Yasin 69

13).Qs Al Furqan ayat 4-5

Allah berfirman dalam Qs Albaqarah ayat 183

sebagai perintah kepada orang yg beriman diwajibkan untuk berpuasa dibulan ramadhan agar bisa menjadi orang yang bertaqwa.

selanjutnya apa yg harus dilakukan oleh orang yg berpuasa di bulan ramadhan. maka dijelaskan oleh Allah dalam Qs Albaqarah 185. bahwa bulan ramadhan bulan diturunkan alquran sebagai pedoman petunjuk dan penjelas serta pembeda yg baik dan yang buruk. berarti bulan ramadhan ketika orang berpuasa harus diisi dengan menurunkan Alquran.

kemudia bagaimana caranya menurunkan Alquran itu, maka ada 2 cara menurunkan Alquran.

1).Adalah seperti yg disampaikan oleh Allah dalam Qs Sad ayat 29. menurunkan Alquran itu dengan Tadabbur yaitu mengkaji memahami isi kandungan alquran  kemudian tadzakur untuk diambil pelajaran agar bisa diamalkan.

2).Sesuai perintah Allah Qs.Al Alaq ayat 1. Al araf 204.205. Alanfal 2. maka diperintahkan baca quran dgn selalu dzikir atau ingat kepada Allah.

maka menurunkan Alquran itu dibulan ramadhan yaitu dgn mengkaji alquran untuk dipahami dan diamalkan juga di baca Alquran tsbt dgn selalu dzikir kepada Allah.

hal ini dicontohkan  oleh Nabi Muhammad Saw. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614).

Hadist diatas menunjukan bahwa Nabi Muhammad saw. setiap bulan ramdhan mempelajari alquran.yg langsung diajarkan oleh malaikat Jibril.

Apabila kita mampu menurunkan Alquran dengan mengkaji dan membaca alquran maka. Alquran itu akan membawa keberkahan. hal ini dijelaskan oleh Allah Qs Al Isra 82. Alquran diturunkan menjadi Syifa atau obat dan rahmat. maka dikala ada wabah Qorona pada saat sekarang bisa dihilangkan dengan menurunkan Alquran.

kemudian menurunkan alquran ini bisa menyebakan mendapatkan lailatul qadar dan diturunkan malaikat Allah. sehingga hidup kita akan diatur oleh Allah dijaga dilindungi dan diselamatkan oleh Allah Swt sehingga kita bisa hidup suskes dunia dan akhirat.hal ini dijelaskan dalam Qs Alqadar. dan juga Qs Adukhan.

Tapi kemudian bagaimana membaca Alquran sehingga kita bisa mendapatkan Syifa.Rahmat. Berkah dan Mendapat Lailatul Qodar. maka ada cara nya membaca Alquran itu. yaitu :

1).Ketika Alquran dibacakan dengarkanlah dan diamlah lalu ketika baca Alquran harus dengan Dzikir ini dijelaskan dalam qs Al Araf 204.205 dan Al Anfal 2.

2) Membaca Alquran caranya dijelaskan qs al qiyamah 16 sd 19. Baca Quran pelan pelan jangan cepat cepat ingin menguasainya. setelah dibaca Alquran dipahami lalu ikuti bacaanya atau amalkan.

Maka harus dipahami membaca Alquran itu ada caranya kalau tidak maka kita tidak akan memahami Alquran karena antara kita dgn alquran adan Hijab atau penghalang yg menutupi nya yaitu hati yg keras bagaikan batu ini dijelaskan Qs Al Isra 45.46 dan Qs Azzumar 22.

oleh karena itu jangan sampai quran hanya dijadikan Syair dan dongeng Qs Yasin ayat 69 dan Qs Alfurqan ayat 4 dan 5.

Berarti menurunkan Alquran itu adalah dengan Tadabbur, Tadzakur dan Dzikir kepada Allah inshaAllah Alquran yg dibaca akan memberikan keberkahan dan Rahmat dari Allah Swt. Aamiin Yra.

Maaa ashoobaka min hasanatin fa minallohi wa maaa ashoobaka min sayyi`atin fa min nafsik,

Wallahu a’lam bish shawabi. Wss.Wr.Wb.

Jawablah pertanyaan di bawah ini :

  1. Apa yang harus dilakukan oleh orang yang berpuasa di bulan Ramadhan
  2. Bagaimana cara menurunkan Al Qur’an kedalam hati kita ?
  3. Bagaimana cara membaca Al Qur’an agar Al Qur’an menjadi Syifa,Rahmah dan berkah serta kita mendapatkan Lailatul Qadar ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.